Senin, 15 Desember 2014

Akhir Dari Sydney Siege


Sydney Siege. 

15-16 Desember 2014. Penyandraan di Lindt cafe, Sydney, Australia. Oleh seseorang yg diduga keturunan Iran, dan membawa bendera hitam bertuliskan kalimat syahadat. Peristiwa ini terjadi dari jam 9.45 am waktu Sydney, pada saat mendekati waktu makan siang. 

Kira-kira pukul 22.16 wib, polisi melakukan penyerbuan ke dalam cafe. 

Secara tiba-tiba polisi menyerbu masuk ke dlm cafe, tidak jelas penyerbuan itu terencana atau reaksi karna terjadi sesuatu di dalam cafe. 
Awalnya tidak ada suara apapun, sampai tiba-tiba terdengar rentetan tembakan, hati saya hancur, tangan dan kaki gemeteran, saya berharap tidak ada tembakan. 

Dari pintu belakang Cafe tiba-tiba muncul beberapa sandra berlarian ketakutan, yang paling jelas terlihat wanita paruh baya, blonde, menggunakan setelan kerja yang kelihatannya terluka di kaki, di bopong polisi.  yang terjadi selanjutnya adalah pemandangan paling menyakitkan , dari kejauhan petugas polisi berkerumun, beberapa berlutut sambil melakukan gerakan menekan2 tubuh seseorang,  
CPR, kalo di film jelas itu dia sedang berusaha memompa jantung seseorang yg tdk sadarakan diri, hancur hati saya. Itu pasti korban kritis, ya Allah lindung dia. 
Kira-kira semenit berikutnya muncul petugas paramedis dengan peralatan mediknya dan membawa korban yg belum jelas keadaannya itu dengan paramedic bed, dan beberapa korban lagi. Kira-kira ada 3-4 paramedic bed yang membawa sandra yang terluka. Salah satu nya sambil berusaha dipompa jantungnya oleh paramedik. Hati saya menjerit dan berdoa untuknya :(

Situasi menjadi lebih tenang beberapa saat setelah itu.

Sudah ada beberapa berita yang menyatakan sydney hostage situation is over. 

Tapi tidak, 
Tiba-tiba 
terdengar rentetan tembakan panjang, polisi berlarian. Kembali saya hancur menyaksikannya. Siapa yang tertembak, jangan sampai warga-warga tidak bersalah itu Tuhaaan...

Tidak lama setelah itu kamera berubah posisi dari pintu depan Lindt cafe. Saya tidak tau apa yang terjadi tiba2 polisi berkerumun di depan pintu masuk utama cafe, dan menyerbu masuk, tembakan-tembakan panjang, menyilaukan dan menyakitkan meletus lebih dari 5detik, waktu yang panjang... Ya Allah... Belakangan saya baru tau bahwa tembakan yg menyilaukan itu adalah light gun, yang sengaja di lemparkan untuk membuat penyandra nya silau dan semoga tak berkutik. Dalam detik-detik penyerbuan itu tiba-tiba ada seorang wanita lari keluar dari pintu dan diselamatkan oleh petugas dr kejauhan, dia berhasil membebaskan diri, little part of me feel relief.. 
Setelah itu suara tembakan panjang terdengar, kita tdk tau apa yang sedang terjadi didalam. 
Tiba2 polisi seperti membawa sesosok manusia dalam kedaan tak sadarkan diri, diangkut keluar dr gedung, saya tdk tau keadaannya, tp entah mengapa saya merasa itu adalah the gun man, si penyandra. Karna menurut saya polisi pasti ingin memastikan dia sudah tdk ada di dalam area supaya clear dan lebih mudah mengevakuasi sandra. 

Kembali ke kamera dari sudut pintu belakang cafe. Petugas paramedis berdatangan membawa peralatan. Beberapa korban terlihat di bopong keluar cafe.  

Saat ini pukul 12.22 wib, belum ada pernyataan resmi dari polisi ttng peristiwa ini, berapa korban, dan bagaimana keadaan di dalam. Tetapi CNN sudah mengeluarkan berita 2 orang meninggal, salah satunya diperkirakan the gun man, dan 3 orang dalam keadaan kritis.

Saya harus menuliskan ini, karna ini akan stuck di dalam pikiran saya dan membuat saya tidak tenang melakukan apapun, pengalaman ini memilukan, saya melihat betul detik-detik penyerbuannya. Dan melihat betul wajah2 penuh ketakutan milik para sandra. Dengan menuliskan ini setidaknya saya sudah share memori saya pada halaman ini. 

The memory of tragedy may shared on this writing, but the feeling will always stay in my heart. Doa saya untuk semua korban, dan keluarga korban. Semoga hal seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi. Dimanapun. 

Khalifah Allah, sebarkan kedamaian, bukan kebencian. Karna islam adalah agama yang membawa kedamaian. Seharusnya. 

1 komentar:

annqanita mengatakan...

Islam itu damai..orang orang yang menatas nama kan Islam untuk melakukan hal hal di luar kedamaian perlu dipertanyakan..
Mari kita jadi agen agen pembawa damai di dunia dan berharap tidak ada lagi kejadian seperti ini..aamiin